Terimakasih Atas Kunjungannya... Semoga bermanfaat

Pages

Saturday, June 11, 2011

Pecahnya Pakistan & terbentuknya Bangladesh

“Pecahnya Pakistan dan Terbentuknya Bangladesh”
Faktor-Faktor Penyebab Terpecahnya Pakistan
-  Kontroversi bahasa
Pada tahun 1948, Mohammad Ali Jinnah, Gubernur Jenderal pertama Pakistan, menyatakan di kota Dhaka bahwa "Urdu, dan hanya Urdu" yang akan menjadi bahasa resmi di seluruh Pakistan. Hal ini menjadi kontroversi besar, karena Urdu adalah bahasa yang hanya dituturkan di Barat oleh Muhajir dan di Timur oleh Bihari. Mayoritas grup di Pakistan Barat menuturkan bahasa Punjabi dan bahasa Sindhi, sementara bahasa Bengali dituturkan oleh mayoritas penduduk Pakistan Timur.

-  Perbedaan politik
Meskipun Pakistan Timur merupakan mayoritas populasi negara, kekuatan politik dipegang dengan kuat dalam tangan Pakistan Barat, terutama Punjabi. Sejak sistem representasi langsung berdasarkan populasi akan memusatkan kekuatan politik di Pakistan Timur, pendirian Pakistan Barat naik dengan skema "Satu Kesatuan", dengan seluruh Pakistan Barat dianggap sebagai satu provinsi. Hal ini semata-mata dilakukan untuk mengimbangi suara sayap Timur.

-  Keagamaan
Dalam upacara-upacara kesedihan yang dilaksanakan kaum muslim pada bulan muharam bertentangan dengan ajaran-ajaran yang dianut oleh kaum Hindu. Lonceng-lonceng kuil atau upacara –upacara perkawinan Hindu yang menganggu orang-orang muslim yang sedang bersembahayang di mesjid. Serta acara pengkurbanan hewan sapi yang dilaksanakan oleh kaum muslim sanggatlah menyinggung sentimen kaum Hindu. Belum lagi dengan adanya siaran-siaran atau karangan-karangan yang menyerang suatu agama dikalangan kaum pertengahan yang menimbulkan perlawanan bahkan pembunuhan.

-  Bidang ekonomi
Dalam bidang ekonomi daerah Benggala timur kebanyakan tuan tanah dari kalangan kaum Hindu, sedangkan yang mengerjakaannya adalah kaum muslim. Di Punjab kebanyakan para bankir adalah dari kaum Hindu sedangkan kaum muslilah yang menjadi peminjam uang. Hal-hal ini membuat persaingan anatara kaum muslim dan hindu.
Hingga akhirnya setelah melakukan perjuangan yang lumayan alot maka pada tanggal 26 Maret 1971 Pakistan timur memerdekakan diri dan memberi nama negara Bangladesh.

No comments:

Post a Comment